Thursday, 15 February 2018

Wet scrubber

Apa itu wet scrubber ? itu adalah pertanyaan yang sering kita dengar kalau kita mendengar kata-kata incinerator , fungsi dari wet scrubber adalah untuk membersihkan udara hasil pembakaran dari mesin incinerator , logam berat dan berbahaya yang terkandung dalam asap hasil incinerator diikat dan dibuang bersama percikan air di dalam wet scrubber . Animasi dari cara kerja wet scrubber ini bisa dilihat dalam video berikut ini :




Fungsi wet scrubber 

Kini dunia mengalami global warming, atau pemanasan suhu global , hal ini dipicu oleh beberapa hal diantaranya adalah meningkatnya konstrasi gas berbahaya ( CO2 ) yang berada di lapisan ozone atmosfer bumi ,  dan salah satu yang menyebabkan timbulnya CO2 adalah akibat pembakaran yang kita lakukan di muka bumi ini . Untuk itu sebuah mesin pembakar ( mesin incinerator ) sebelum asap yang dihasilkan dibuang  ke udara lepas , terlebih dulu dibersihkan menggunakan percikan air . Jadi fungsi dari wet scrubber adalah untuk membersihkan gas/asap dari pembakaran mesin incinerator .

Bagaimana wet scrubber bekerja ? 


apa itu wet scrubber

Sebenarnya uraian ini hanya pelengkap saja , penjelasan yang paling lengkap mengenai bagaimana wet scrubber ini bekerja adalah dengan menonton video di atas , wet scruber ini merupakan rangkaian tambahan dari sebuah mesin incinerator . Mesin incinerator jika sedang beroperasi akan menghasilkan gas berbahaya baik itu berbahaya bagi atmosfir dan juga berbahaya bagi kesehatan manusia . Untuk itulah gas - gas tadi di saring dulu menggunakan wet scrubber ini . Wet scrubber bekerja seperti layaknya air hujan yang mengikat asap ketika terjadi kabut asap

Didalam sebuah wet scrubber terdapat beberapa komponen penting yakni :

  1. Lubang gas ( tempat masuknya gas kotor ) 
  2. Spray air ( berfungsi untuk mengikat asap/gas kotor ) 
  3. Sebuah pompa . 
Urutan cara kerja wet scrubber 

  • Udara kotor yang keluar dari dalam ruang pembakaran incinerator dimasukkan ke dalam lubang gas , posisinya tentu di bawah sprinkler ( pembuat spray air ) 
  • Udara kotor yang mengandung zat berbahaya tadi kemudian di lewatkan ke percikan air , akibatnya gas yang mengandung logam berat akan diikat menggunakan percikan air tadi . 
  • Udara yang sudah melewati percikan air akan menjadi bersih , dan siap untuk  dilepas ke udara bebas. 
  • Sedangkan air yang tadi mengandung zat beracun , akan diolah lagi menggunakan sistem IPAL jika air yang sudah dioah tadi layak dan aman untuk kesehatan manusia maka air ini siap untuk dilepas ke lingkungan .






No comments:

Post a Comment