Thursday, 17 August 2017

Komponen mesin incinerator

Yang akan saya bicarakan disini hanyalah sebuah mesin incinerator yang paling sederhana , artinya tidak mengacu pada peraturan global yang harus begini begitu , rasanya terlalu mumet , baiklah untuk komponen mesin incinerator yang paling sederhana adalah :

RUANG BAKAR 


Ruang bakar sebuah mesin incinerator
Ruang bakar incinerator

Merupakan sebuah ruangan yang berfungsi sebagai tempat pembakaran sampah - sampah , dimana biasanya terdiri dari lapisan plat besi paling luar kemudian di dalamnya diberi bata anti panas .

BURNER INCINERATOR 


komponen burner
Burner incinerator

Merupakan salah satu komponen dari mesin incinerator yang berfungsi untuk membakar sampah yang dimasukkan ke dalam mesin incinerator , burner ini di beri bahan bakar berupa gas LPG dan bisa juga menggunakan bahan bakar solar , bahkan teknologi terbaru ada burner yang menggunakan bahan bakar minyak goreng jelantah .

( Baca juga : Diagram mesin incinerator )

 

BLOWER 


blower mesin incinerator
Blower pada mesin incinerator
Komponen selanjutnya adalah blower , fungsinya adalah untuk menyuplai udara ke dalam ruang bakar , sebagai mana kita ketahui bahwa pembakaran tidak akan terjadi jika hampa udara, untuk itu maka di berilah tambahan udara menggunakan blower ini .

 

TANGKI BAHAN BAKAR 

tangki bahan bakar untuk mesin incinerator

Sebuah mesin incinerator dalam membakar sampah pasti membutuhkan bahan bakar, nah bakarnya ini di simpan dalam sebuah compartement yang disebut tangki bahan bakar , tangki ini ada bermacam - macam , ada yang menggunakan tangki solar jika burner nya menggunakan bahan bakar solar dan ada juga yang menggunakan LPG . Peraturan dari kementrian lingkungan hidup , pengadaan sebuah mesin incinerator harus dilengkapi dengan tangki bahan yang memadai .

 

 WET SCRUBBER  


Baru - baru ini hukum internasional mengharuskan bahwa semua mesin pembakar / mesin incinerator haru dilengkapi dengan wet scrubber , cara kerjanya seperti air hujan atau gerimis yang menghilangkang kabut asap , jadi wet scrubber ini bekerja dengan cara memercikkan air melalui sprinkler , kemudian asap dilewatkan dibawahnya , secara otomatis partikel - partikel kecil yang berbahaya akan di tangkap oleh percikan air tadi , sehingga asap yang akan di lepas ke udara tidak lagi mengandung zat berbahaya .





No comments:

Post a Comment