Tuesday, 9 May 2017

Diagram mesin incinerator

diagram dan skema bentuk incinerator


Banyak pertanyaan dari kawan - kawan yang menanyakan bagaimana gan sebenarnya isi dalamnya mesin incinerator itu sendiri , mereka menanyakan via sms , WA , atau email . Dan untuk menjawab semua itu berikut ini saya dokumentasikan jawaban kami .

Sebenarnya mesin incinerator ini hanyalah sebuah alat untuk membakar sampah saja , di dalamnya dihembuskan api yang sangat besar dan kencang sehingga mampu membakar sampah yang dimasukkan ke dalamnya .

Perhatikan gambar diatas , ada beberapa komponen atau urutan dalam sebuah mesin incinerator , diantaranya adalah :

  1. Waste bunker 
  2. Crane feed 
  3. Furnace 
  4. Ash conveyor 
  5. Boiler  
  6. Wet scruber 
  7. Polluted water 
  8. Electrostatic precipitator
  9. Clean smoke 

Dan berikut ini adalah penjelasannya masing - masing , untuk menambah pengetahuan kita akan cara kerja incinerator , sambil membaca keterangan berikut ini ada baiknya sambil juga melirik gambar diatas :


Waste bunker 

Kalau dalam bahasa kita TPA gitu , atau tempat pembuangan akhir gitu , hanya saja yang perlu diperhatikan tidak semua bahan sampah dibakar , kalau bisa digunakan lagi , maka bisa digunakan jangan langsung dibakar .


Crane feed 

Crane feed , ini artinya alat untuk memasukkan sampah - sampah yang akan dibakar ke dalam tungku dalam hal ini bisa bermacam - macam bentuknya , ada yang berupa conveyor , ada yang berupa cran , ada juga yang berupa busdoser , yang penting intinya bisa memasukkan sampah ke dalam tungku pembakaran .


Furnace 

Artinya tungku , atau pembakaran , dimana semua sampah - sampah akan dibakar, biasanya untuk saat ini menggunakan bahan bakar solar , LPG . silahkan baca Burner mesin incinerator


Ash Conveyor 

Hasil pembakaran dari tungku ( furnace ) akan menimbulkan debu di dasar tungku , dan fungsi ash conveyor inilah yang berfungsi untuk mengangkut abu hasil pembakaran menuju ke bottom ash


Bottom ash 

Bottom ash merupakan ruang dimana semua abu dari hasil pembakaran di kumpulkan , kemudian dimabil dan dibawa ke tempat hazardous waste landfill , atau kira -kira artinya tempat pembuangan abu hasil pembakaran dalam tungku tadi , dalam hal pembuangan abu ini ada peraturan yang mesti dipenuhi , tidak asal dibuang begitu saja .


Boiler 

Masih ingat dengan furnace ( tungku ) diatas bukan ? pembakaran di dalam tungku menghasilkan uap / gas panas bukan ? nah gas panas tadi tidak langsung dibuang begitu saja ke udara bebas , tapi digunakan untuk memanaskan air , air yang panas akan menghasilkan uap , dan uap nanti digunakan untuk menggerakkan turbin, dan putaran turbin digunakan untuk menghasilkan sumber listrik .


Scrubber 

Gas panas yang sudah dilewatkan ke boiler untuk memanaskan air tadi tidak langsung dibuang ke udara , namun masih harus melalui proses pemurnian lagi yakni melalui alat scrubber dan Electrostatic precipitator , cara kerja dari scrubber ini adalah mengan memercikkan air berupa sprinkler , sehingga gas beracun di ikat oleh uap air tadi . Dan air hasil dari sprinkler tadi masuk ke dalam tangki polluted water


Polluted water 

Merupakan wadah atau tangki air kotor yang keluar dari springkler atau scrubber , air hasil springkler / scrubber ini juga tidak boleh langsung dibuang ke alam , harus diolah dulu agar benar - benar aman bagi lingkungan .


Electrostatic precipitator

Ini adalah proses terakhir dalam hal pembersihan udara dari hasil pembakaran dalam tungku tadi , gas yang akan dibuang ke udara lepas sekali lagi masih dibersihkan dengan sebuah alat yang disebut dengan electrostatic precipitator ,  alat ini bekerja dengan cara mengikat kandungan gas berbahaya dengan komponen electrostatic di dalamnya sehingga udara yang keluar melalui alat ini benar - benar bersih .



No comments:

Post a Comment