Wednesday, 21 September 2016

Incinerator sederhana

Pada dasarnya jika kita ingin menghancurkan sampah yang sudah tidak bisa didaur ulang bisa kita lakukan dengan cara membakarnya, dan alat untuk membakar tadi kita sering sebut incineration (Pembakaran ) dan alatnya kita sebut incinerator .

Barang yang sering kita bakar itu merupakan barang yang sudah tidak dapat dipergunakan lagi atau barang yang sudah tidak bisa didaur ulang lagi contohnya limbah medis seperti : Jarum suntik , potongan / organ tubuh manusia habis operasi karena tumor / kanker , amputasi ,  kapas dan perban , dan lain sebagainya . Sebagai solusinya semua barang tersebut harus kita hancurkan dengan menggunakan alat incinerator .

Ada banyak berbagai macam alat pembakar diantaranya adalah seperti berikut ini :

incinerator sederhana




Gambar diatas merupakan salah satu contoh alat incinerator sederhana , yang fungsinya adalah untuk memusnahkan limbah . Hanya saja perlu diketahui contoh alat incinerator sederhana itu tidak aman bagi lingkungan , baik untuk kesehatan manusia maupun atmosfir bumi kita . Semua limbah plastik dan limbah berbahaya jika dibakar dan akan menimbulkan gas yang beracun dan akan mengganggu pernafasan manusia , sedangkan gas CO2 jika di lepas ke udara akan menimbulkan rusaknya lapisan ozone . 

Untuk itu peraturan internasional mensyaratkan dalam peraturan pembuatan sebuah alat incinerator yakni gas yang dilepas ke udara harus benar-benar aman bagi lingkungan kita . 
Kalau incinerator sederhana dulu hanya dengan menggunakan satu tungku saja ,  contohnya lihat saja gambar berikut ini . 

Incinerator dengan satu tungku pembakaran
Incinerator sederhana dengan 1 tungku pembakaran 


Namun seiring makin ketatnya peraturan maka di dalam sebuah mesin incinerator sederhana harus ada 2 tungku , tungku yang pertama berfungsi untuk membakar limbah sedangkan tungku yang berikutnya adalah untuk membakar gas / asap yang dihasilkan dari pembakaran utama , contoh gambarnya lihat gambar berikut ini : 

Diagram incinerator sederhana
Gambar Incinerator dengan 2 tungku 



Dan persyaratan dari sebuah alat pembakar ini diharuskan ada tambahan komponen yang dikenal dengan sebutan WET SCRUBER , alat ini berfungsi untuk mengikat gas beracun dan asap sebelum dilepas ke udara bebas . Gambarnya lihat yang berikut ini : 

contoh gambar wet scrubber
Gambar wet scrubber dalam mesin incinerator 


Cara kerja dari wet scruber ini sama seperti air hujan yang menangkap dan membersihkan asap yang diakibatkan kebakaran lahan gambut di Kalimantan dan Sumatera . 
Asap - asap itu akan hilang lenyap jika hujan datang bukan , nah cara kerja dari wet scruber ini tak jauh beda dengan cara kerja dari air hujan itu . Didalam wet scruber air dipercikkan melelui sebuah nozzle sehingga yang keluar adalah kabut air , dan kabut air ini akan mengikat asap atau gas sehingga gas yang dibuang ke udara akan bersih . 



No comments:

Post a Comment