Monday, 18 July 2016

Incinerator adalah

Incinerator berasal dari sebuah kata dalam bahasa inggris yakni incineration = pembakaran , dan alatnya disebut incinerator , atau kalau diterjemahkan secara luas , incinerator adalah sebuah alat yang berfungsi untuk membakar . Jadi kalau diterjemahkan secara lurus , tungku perapian di rumah kita bisa juga disebut dengan incinerator.

mesin incinerator
Mesin incinerator buatan cv.karya mandiri 


Perkembangannya , kiat tau bahwa ozone yang menyelimuti bumi kita sekarang ini banyak mengalami kebocoran , dan yang menjadi penyebabnya adalah karena banyaknya gas hasil pembakaran, untuk itu incinerator diciptakan agar tidak menghasilkan gas yang berbahaya bagi lingkungan , terutama bagi lapisan ozone .  Didalam mesin incinerator di sediakan alat khusus agar gas yang dihasilkan dari pembakaran menjadi aman dan bersih .

Penggunaan mesin incinerator 

Incinerator digunakan di rumah sakit 
Dirumah sakit , mesin incinerator ini digunakan untuk membakar limbah yang tidak bisa dibuang ke tempat pembuangan umum , jika limbah rumah sakit tadi dibuang ke tempat pembuangan umum akan membahayakan lingkungan , seperti misalnya : potongan tubuh manusia yang diamputasi , tumor atau kanker sisa operasi , itu semua tidak bisa dibuang ke tempat pembuangan umum . Semua limbah tersebut harus dimusnahkan dengan cara dibakar .

Incinerator digunakan di dunia industri 
Banyak limbah padat yang dihasilkan oleh dunia industri , dan itu semua jika dibuang ke tempat umum akan membahayakan lingkungan , seperti misalnya zat-zat kimia berbahaya , logam-logam berbahaya , dll . untuk memusnahkan itu semua , bisa dilakukan dengan cara menggunakan mesin incinerator .

Incinerator digunakan dalam rumah tangga 
Di negara - negara maju banyak rumah tangga yang menggunakan mesin incinerator ini dalam menangani limbah rumah tangga mereka mereka menggunakan mesin ini karena kesadaran mereka akan kesehatan lingkungan sangat tinggi , lain halnya dengan di negara kita , kesadaran masyarakatnya akan kesehatan lingkungan masih rendah , sehingga sampah mereka dibuang begitu saja ke jalanan dan sungai-sungai . Selain itu faktor harga dari mesin ini juga yang menjadi alasan mengapa rakyat kita jarang ada yang menggunakan mesin incinerator . Lain halnya dengan warga negara maju , dimana warganya sudah berpenghasilan yang cukup untuk membeli mesin incinerator ini . rakyat indonesia lebih memilih membakar di tempat terbuka dari pada mahal-mahal mengeluarkan uang untuk membeli alat pembakaran ini.


Jenis incinerator 

Jika melihat dari cara kerjanya , maka jenis incinerator saat ini ada beberapa macam mesin incinerator , yang diantaranya adalah :
  1. Incinerator piringan bergerak : merupakan sebuah incinerator dimana lantainya yang berjalan, dan apinya dihembuskan kedalamnya , limbah dimasukkan dari pintu depan , kemudian lantainya berjalan ke arah belakang , selama dalam perjalanan ke arah belakang sampah tadi dibakar , saat tiba di pintu belakang sampah sudah jadi abu. dan abu tadi langsung diambi;l. 
  2. Incinerator piringan tetap ; merupakan sebuah mesin incinerator dimana lantainya diam , untuk memasukkan limbah dan mengambil limbah dilakukan dari pintu yang sama. 
  3. Rotari kiln : merupakan sebuah sistem pembakaran dengan cara berputar didalam sebuah tabung menyerupai silinder , dan hembusan api yang berputar di dalamnya. 
  4. Fulidized bed.


Sumber artikel : 

No comments:

Post a Comment