Saturday, 18 June 2016

Jenis-jenis mesin incinerator

Insinerator adalah tempat untuk pembakaran sampah. Insinerator modern memiliki fasilitas mitigasi polusi seperti pembersihan gas. Terdapat beberapa tipe insinerator: piringan bergerak, piringan tidak bergerak, rotary kiln, dan fluidized bed

Piringan bergerak ( moving grate )

contoh mesin incinerator piringan bergerak

Ini adalah tipe pertama dari salah satu jenis mesin incinerator , disebut piringan bergerak karena  adanya sebuah komponen mesin di dalamnya yang berputar , tanpa menghidupkan dan mematikan mesin sehingga mesin akan hidup terus menerus , di dalamnya ada semacam conveyor . Limbah dimasukkan melalui pintu depan di ujung pintu tadi sudah ada conveyor , sehingga sampah-sampah tadi di bawa kedalam . disaat perjalanan menuju ke belakang sampah-sampah tadi di bakar , dan begitu sampai si pintu belakang sampah sudah jadi debu . kemudian debu yang yang jatuh diambil di pintu belakang . untuk jenis ini memerlukan ruang bangunan dan tanah yang luas .


Piringan tetap ( fixed grate ) 

Ini adalah juga salah satu jenis incinerator tetap yang banyak digunakan untuk skala komersil dan rumah tangga , mengingat bentuknya yang kecil dan mudah perawatan , selain itu juga harganya juga relatif murah , dinamakan piringan tetap sebab tidak ada bagian mesin incinerator yang bergerak , sehingga untuk memasukkan sampah yang akan dibakar maupun untuk mengambil abu hasil pembakaran dilakukan lewat satu pintu saja.


Rotary kiln :

incinerator rotari kiln


Merupakan sistem pembakaran yang berbentuk silinder ( tabung ) dimana api sebagai pembakar di semprotkan dari salah satu ujung dan berputar untuk membakar sampah .




Fluidized bed

Mesin insinerator fulidized bed


No comments:

Post a Comment