Thursday, 29 January 2015

Alat pembakar

Alat pembakar saat ini banyak sekali macamnya, hanya saja ada yang memenuhi kriteria dari kebersihan lingkungan dan ada juga yang tidak, maksud dari memebuhi kriteria disini adalah , hasil dari pembakaran sampah tersebut tidak banyak mengandung CO2 yang nantinya akan mengotori lingkungan udara, kalau lingkungan udara sudah tercemar maka ini ada hubungannya dengan global warning. Dan ini efeknya sangat buruk sekali, salah satunya adalah pergantian musim yang tidak menentu dan melelehnya bukit es, sehingga tinggi permukaan laut akan meningkat. 

Alat pembakar sampah 

Alat pembakar sampah incinerator 

Alat pembakar yang memenuhi kriteria adalah alat yang didesain sedemikian rupa sehingga keluaran mengurangi jumlah CO2 yang dihasilkan. dan alat itu lebih dikenal dengan sebutan Incinerator, untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ini : 

alat pembakar sampah
Incinerator 

mesin incinerator untuk rumah sakit
alat pembakar sampah
Dengan alat itu semua bahan yang dimasukkan ke dalam mesin, kemudian gas  pembakar juga dimasukkan yang bersamaan dengan blower udara , sehingga semua material yang ada didalamnya terbakar semua. di dalam alat tersebut juga dilengkapi dengan saringan udara sehingga mampu menfilter kandungan CO2 sehingga CO2 yang akan dilepas ke udara menjadi berkurang. 

Alat pembakar sederhana 

Yang saya maksud alat pembakar sederhana disini adalah alat pembakar yang masih konvensional, tanpa memperhatikan aspek keselamatan lingkungan, tidak perduli apakah lingkungan atmosfir akan tercemar atau tidak, mereka tidak peduli. dan perhatikan gambar berikut ini : 

alat pembakar sederhana
alat pembakar sampah konvensional
Banyaknya asap yang keluar dari alat pembakar ini sangat berbahaya sekali terutama bagi atmosfir kita. ini biasanya banyak terjadi pedesaan. belum lagi ditambah dengan pembakaran raksasa yang menghasilkan kandungan CO2 , pembakaran raksasa yang saya maksud disini adalah kebakaran hutan. kadang-kadang ada yang ribuan hektar dan ini akan menghasilkan kandungan co2 yang banyak sekali yang dilepas ke udara. 

Belum lagi pembakaran yang dilakukan terhadap limbah-limbah tertentu seperti bahan plastik , bahan lainnya yang banyak mengandung zat kimia berbahaya, ini biasanya akan mengganggu pernafasan pada manusia, sebaiknya untuk sampah-sampah tertentu jangan dibakar , tapi didaur ulang menggunakan mesin penghancur plastik , dibuat kerajinan dan di buat karya lainnya, yang penting jangan dibakar .

No comments:

Post a Comment