Thursday, 29 January 2015

Alat pembakar sampah

Alat pembakar sampah adalah alat yang digunakan untuk memusnahkan sampah dengan cara dibakar, baik itu dengan cara konvensional ataupun dengan cara dikasih sentuhan tehnologi canggih. Masalahnya sekarang adalah, apakah dengan membakar sampah dengan alat pembakar sampah ini tidak akan menimbulkan masalah baru ? itulah pertanyaan yang menjadi PR bagi kita semua. 

Kenapa sampah dibakar ? 

Tidak banyak diantara kita yang sadar akan bahaya dari melimpahnya  sampah di sekitar lingkungan kita, kita sendiri juga tau kalau kendala melimpahnya sampah adalah masalah terbesar di negri ini, puluhan ton sampah diproduksi dari kota-kota besar , celakanya lagi sampah-sampah tersebut banyak mengandung zat-zat berbahaya bagi kesehatan manusia, seperti sampah plastik yang mengandung zat tertentu yang dapat menyebabkan kanker. Zat - zat tersebut akan mencemari air tanah , dan air tanahnya kita minum.  Selain itu perlu kita semua tau bahwa sampah plastik untuk bisa diuraikan oleh mikroorganisme sampai hancur membutuhkan waktu sebanyak 500 tahun lamanya. 

Lautan sampah di salah satu sudut kota di negri kita.

Ada yang sadar diantara kita akan bahaya sampah, mereka juga berusaha memusnahkan sampah tersebut, namun cara yang mereka lakukan salah. Maksud hati menyelesaikan masalah, malah masalah yang lebih besar dan global yang datang, apakah itu  ? yang saya maksudkan mereka disini adalah mereka yang berusaha memusnahkan sampah dengan jalan dibakar mereka memusnahkan sampah dengan menggunakan alat pembakar sampah . mereka fikir dengan membakar sampah , maka sampah akan menghilang . Tidak... tidak sama sekali tidak , orang yang membakar sampah justru akan menciptakan masalah yang lebih besar . lha kok bisa ?

membakar sampah

Saat kita membakar sampah akan melepaskan CO2 , dan kandungan Co2 nya akan berkumpul dalam lapisan ozone kita, semakin banyaknya konsentrasi Co2 dalam lapisan ozone kita akan mengakibatkan kebocoran pada lapisan ozone sehingga suhu pemukaan bumi meningkat, kalau sudah meningkat urusannya kata orang bule dinamakan GLOBAL WARNING , tau sendiri kan akibatnya dari global warning itu ? mencairnya gunung es di kutub akibatnya tinggi permukaan air laut meningkat dan perubahan cuaca yan tidak menentu . intinya sih gitu akibat global warning itu. 

Alat pembakar sampah 

Alat pembakaran terbuka  

Sistem pembakaran yang seperti inilah yang sangat berbahaya bagi keselamatan ozone kita, sebab ia akan melepas banyak CO2 , dan akan meningkatkan suhu bumi.  Cara seperti ini masih banyak dilakukan oleh masyarakat kita, bukan hanya di indonesia saja , tapi hampir di seluruh permukaan bumi ini , manusia masih membakar sampah secara terbuka seperti ini. 







Pembakaran tertutup / incinerator 

Pembakaran dengan cara yang tertutup inilah yang terbaik, karena dengan cara seperti inilah yang dapat mengurangi pelepasan kandungan CO2 ke lapisan ozone. Alat ini sangat direkomendasikan oleh peraturan dunia, selain tidak menimbulkan masalah baru bagi lingkungan di muka bumi, juga dengan menggunakan alat ini sangat aman bagi lapisan ozone, alat ini didesain sedemikian rupa sehingga kandungan CO2 yang dilepas ke udara masih dalam ambang batas normal . Dan alat pembakaran sampah ini dikenal dengan incinerator sampah





No comments:

Post a Comment